Organisasi adalah sekelompok orang (dua atau lebih)
yang secara formal dipersatukan dalam suatu kerjasama untuk mencapai tujuan
yang telah ditetapkan.
Pengertian
Pengorganisasian
Seperti telah diuraikan sebelumnya tentang Manajemen,
Pengorganisasian adalah merupakan fungsi kedua dalam Manajemen dan
pengorganisasian didefinisikan sebagai proses kegiatan penyusunan struktur
organisasi sesuai dengan tujuan-tujuan, sumber-sumber, dan lingkungannya.
Dengan demikian hasil pengorganisasian adalah struktur organisasi.
Pengertian Struktur
Organisasi
Struktur organisasi adalah susunan komponen-komponen
(unit-unit kerja) dalam organisasi. Struktur organisasi menunjukkan adanya
pembagian kerja dan meninjukkan bagaimana fungsi-fungsi atau kegiatan-kegiatan
yang berbeda-beda tersebut diintegrasikan (koordinasi). Selain daripada itu
struktur organisasi juga menunjukkan spesialisasi-spesialisasi pekerjaan,
saluran perintah dan penyampaian laporan.
Organisasi
sebagai wadah
Organisasi
dapat juga dikatakan sebagai salah satu jenis
wadah perlengkapan di masyarakat yang dibuat oleh orang-orang dengan tujuan
dapat memperoleh efesiensi kerja tertentu yang sebesar-besarnya. Secara sederhana, organisasi adalah suatu kerjasama sekelompok
orang untuk mencapai tujuan bersama yang diinginkan dan mau terlibat dengan
peraturan yang ada itu sebabnya organisasi dikatakan sebagai wadah
jadi yang dimaksud organisasi
sebagai wadah ialah tempat dimana kita melakukan kegiatan bersama, bertukar
ilmu, bertukar pikiran, mengeluarkan pendapat dan lain lain guna mencapai
tujuan dan cita-cita bersama. sebagai contoh OSIS
Organisasi sebagai proses
yaitu organisasi sebagai
suatu sistem proses interaksi antara orang-orang yang bekerjasama, baik formal
maupun informal.Baik saat pembagian kerja maupun cara bekerja sama. Organisasi dapat dikatakan juga suatu tempat dimana proses kita mengembangkan, memperdalam kemampuan dan
mendewasakan diri ke arah yang lebih
baik terjadi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar